Monday, April 7, 2014

Bagaimana Mengurus Perpanjangan KEUR/KIR dan Surat Izin Pengusaha Angkutan (SIPA) di Bekasi

Pelanggan dan calon pelanggan MTF Transport - Sewa Pick Up untuk pindahan dan angkutan barang, pada tanggal 7 April 2014 kami melakukan perpanjangan uji KIR di kantor Dishub Kota Bekasi. KIR kendaraan kami seharusnya habis pada 11 April 2014.

Sebagai saran untuk perpanjangan KIR sebaiknya dilakukan di hari dimana KIR tersebut habis, karena perpanjangan KIR dilihat dari tanggal pengujiannya sampai 6 bulan ke depan.

Kantor Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kota Bekasi, di Bulak Kapal, Bekasi Timur yang beritanya sementara dialihkan ke Rawalumbu Bekasi ternyata masih beroperasi.
Driver kami bertanya ke petugas DLLAJ di bawah flyover Summarecon (dekat SPBU di Jl. Juanda) dan diarahkan ke Bulak Kapal. Karena driver kami seorang diri maka ditawarkan bantuan untuk mengurus KIR tersebut, namun driver kami hendak mengetahui prosesnya sendiri sehingga terpaksa ditolak.
Sampai lokasi pukul 08.30 driver kami langsung diarahkan untuk mengikuti antrian kendaraan yang lebih dulu datang. Sebelumnya di luar area banyak sekali orang-orang yang menawarkan bantuan/calo untuk pengurusan KIR, namun hanya dilewati saja. Di dalam, banyak sekali kendaraan yang antri sehingga untuk sampai ke bagian pengecatan peneng (menghapus tanggal kadaluwarsanya dengan cat hitam) sekitar 1 jaman.
Karena driver kami sendirian maka ada seseorang yang menawarkan bantuan lagi untuk mendaftarkan dokumen ke dalam gedung di area pengecatan peneng. Karena driver kami sedang antri kendaraan dan tidak memungkinkan untuk parkir serta melihat kondisi area yang penuh sesak, maka dengan terpaksa driver kami menerima tawaran tersebut, sambil meneruskan antrian.

Sangat disarankan jika hendak mengurus KIR sendiri tanpa bantuan calo sebaiknya bawa teman atau jika sendiri kendaraan diparkirkan dulu sebelum ikut antrian.

Orang tersebut meminta Buku KIR, SIPA (Surat Ijin Pengusaha Angkutan) yang lama dan fotocopy KTP pemilik mobil tanpa meminta uang atau bernegosiasi mengenai biaya.
Diserahkan semua dokumen yang diperlukan dan driver melanjutkan antrian sampai bagian pengujian.

Di dalam sudah ada petugas yang membawa berkas uji unit kami dan siap melakukan pengujian.
Kemudian mobil diuji Lampu-lampu, klakson, lampu parkir mundur, kemudian dicek kolong mobil tersebut, dan terakhir melakukan tes rem dengan bantuan alat khusus yang ada di area pengujian.
Semua proses tersebut selesai sekitar 15-20 menitan dan unit kami keluar dari area pengujian pukul 11.30.

Karena pengujian sudah selesai maka kami hubungi orang yang membantu pengurusan dokumen di dalam dan kami diminta untuk memarkirkan kendaraan di tempat parkir dan menunggu di luar.
Sampai pukul 13.00 driver kami gelisah karena belum dihubungi oleh orang yang membantu tersebut sehingga setelah dikonfirmasi lagi ternyata dokumen kami terselip dan harus menunggu lagi.
Sambil menunggu driver kami berkomunikasi dengan orang-orang yang juga sedang menunggu pengurusan KIR nya dan mendapat informasi kalau rata-rata biaya yang dikeluarkan jika melalui calo adalah Rp.350.000 untuk kendaraan kecil/paling murahnya.
Sedangkan dari obrolan juga didapat informasi kalau mengurus sendiri biaya nya berkisar sekitar Rp.140.000, namun jika mengurus sendiri katanya untuk SIPA dan IMB nya harus ditunggu lagi sekitar satu minggu.

Akhirnya buku KIR, SIPA dan IMB yang baru kami terima pada pukul 14.10 dan membayar biaya pada orang yang membantu tersebut sebesar Rp.300.000 (sudah total dengan SIPA, IMB dan iuran ORGANDA).
Untuk informasi masa perpanjangan KIR 6 bulan, SIPA dari Dispenda Kota Bekasi 1 tahun dan IMB (Ijin Muat Barang) dari Dispenda Kabupaten Bekasi berlaku selama 6 bulan. Kami juga membayar iuran ORGANDA tiap 6 bulan, disitu tertera iuran pada periode ini Rp.10.000 (iuran pertama dulu Rp.50.000).
Mobil keluar dari area dan membayar parkir yang telah ditentukan oleh petugas sebesar Rp.4000, lalu di pos berikutnya membayar uang retribusi Rp.6000 (semua tanpa karcis/tanda terima).
Demikian pengalaman kami dalam perpanjangan uji KIR di Dishub Kota Bekasi.

Berikut sedikit teori yang kami dapat dari website lain:

KIR berasal dari bahasa Belanda: KEUR, adalah adalah serangkaian kegiatan menguji dan/atau memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan khusus dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan laik jalan.


Secara umum KIR/KEUR wajib pada kenderaan Plat Nomor Kuning seperti : taksi, rentcar, mobil penumpang umum, bus, truk. Tetapi tidak selalu harus plat kuning, kendaraan yg dipakai untuk keperluan niaga, parawisata juga harus melakukan UJI KIR.

Pelaksanaan Pengujian kendaraan bermotor di Unit PKB (Pemeriksaan Kenderaan Bermotor) di Kantor Samsat Daerah. Pemeriksaan dilakukan oleh Penguji yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Masa pengujian kendaraan bermotor dilakukan enam bulan sekali.

Hasil dari KIR kendaraan bermotor dibuktikan dengan dikeluarkannya BUKU KIR dan Bukti KIR yaitu Segel KIR yang ditempel di Plat Nomor Kendaraan Bermotor dan yang disebut dengan “peneng”.


Pada pengujian, objek yang diperiksa adalah:

  1. Sistem pengereman dan daya pengereman
  2. Lampu-lampu dan daya pancar lampu utama
  3. Emisi gas buang
  4. Dimensi dan bobot kendaraan
  5. Sistem kemudi beserta kaki-kakinya
  6. Speedometer

Prosedur Pengajuan KIR Baru :

  1. Mengisi formulir permohonan,
  2. Foto copy KTP pemilik Kendaraan,
  3. Foto copy BPKB,
  4. Memiliki Ijin Trayek untuk Angkutan Umum,
  5. Memiliki bukti pembayaran biaya uji,
  6. Memiliki sertifikat uji type/pengesahan rancangan bangun dan rekayasa kendaraan,
  7. Membawa kendaraan ke unit pelaksana pengujian.


Prosedur Perpanjangan KIR:

  1. Permohonan uji,
  2. STNK Asli yang masih berlaku,
  3. KTP pemilik kendaraan
  4. Buku Uji, apabila hilang harus ada keterangan dari Polri,
  5. Bukti pembayaran biaya uji,
  6. Membawa kendaraan ke unit pelaksana pengujian.



Biaya pengajuan dan perpanjangan KIR:

  • Sesuai dengan ketentuan daerah masing-masing.


30 comments:

  1. Saya cukup bingung sama kelakuan dishub bekasi terkadang, saya pribadi menggunakan mobil box kecil sering kali saya di minta SIPA pdhal mobil saya berdomisili Jakarta Utara. Saya sudah ke kantor bekasi dkt fly over ahmad yani dr 1thn lalu semenjak SIPA saya mati, tdk bisa buat utk plat jakarta sekarang kata petugas nya. Yang saya mau pertanyakan Apakah ada surat SIPA jakarta? Terima kasih jika ad yg bs menjawab pertanyaan sya

    ReplyDelete
  2. Petugas Dishub itu selalu mencari kesalahan yang tidak mendasar, ujungnya minta uang, pemerasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Trims info nya dan sukses selalu boss..
    http://www.cargobarang.com/

    ReplyDelete
  4. sdh waktunya gan aturan kayak gini sipa, ibm, itu dihapus walikota. pemkot bekasi..karean semua ini syarat pungli, pemerasan oknum culas dishub terhadap mobil bok, pick up, truck luar kota yg hanya melintas pasti akan disetop,,kena razia disitulah pemerasan terjadi..YG KYK GINI HRS PEMERINTAH JELI BERANTAS SAJA/HILANGKAN SIPA/IBM DISHUB BEKASI...RAWAN PENYIMPANGAN....PENYALAH GUNAAN WEWENANG..SOPIR YG SENGSARA CARI MAKAN MALAHAN DIPERAS DIJALAN,,,TDK SADARKAH KALIAN PEMBUAT PERATURAN TPI MALAH BIKIN RUSAK SEMUA....JIKA MAU TAMBAHAN APBN DAERAH KHUSUS MOBIL BEKASI SAJA..YG MOBIL LUAR KOTA TDK TERMASUK ATURAN ITU....

    ReplyDelete
  5. BUAT KIR PICK UP BOX, TRUCK SDH OTOMATIS BAYAR IURAN TRMASUK SIPA, IBM....KHUSUS BEKASI SAJA TAPI MOBIL LUAR KOTA TDK DIKENAKAN KARENA TDK DOMISILI DIBEKASI,,,JIKA MOBIL LUAR KOTA DIKENAKAN...ANEH BIN AJAIB MEREKA SOPIR HANYA MELINTAS SAJA DIJALAN TERSEBUT...BAGAIMANA MUNGKIN BUAT SIPA SEGALA....AHOK / JOKOWI TURUNLAH KALIAN..BERANTAS OKNUM DISHUB BEKASI YG SUKA MERAZIA MOBIL JKARTA KARENA TAK PUNYA SIPA BEKSI...UJUNG2NYA UANG LIAR DIJALAN PASTI KELUAR......KONDISI INI MENCIPTAKAN KEZALIMAN, PUNGLI ...BAGI OKNUM DISHUB MUSLIM KAMI nasehati anda tempat serendah rendahnya kalian diakhirat adalah neraka saqer yg akan membakar kalian karena membuat susah umat termasuk sopir...itu nasehat keras buat kalian....

    ReplyDelete
  6. apakah jika mau perpanjang kir harus ambil nomer atau ambil jadwal dulu ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prosedur Nya skrg seperti itu Ibu Karina.. Ambil booking tiket dahulu. Disitu ad jadwal kapan Dan hari apanya Ibu KIR kendaraannya

      Delete
  7. Ada saran untuk para supir yg mungkin blum tau jika di stop dishub
    1. Ketika di stop tanyakan kepada petugas dishub " ada apa pak kok saya di stop. Kalo memang ada oprasi zebra (ADA PIHAK KEPOLISIAN) maka wajib berhenti dan tunjukan surat2 yang ada. Jika tidak ada pihak kepolisian maka tidak wajib berhenti karena petugas dishub tidak di beri wewenang memberhentikan kendaraan kecuali ada pihak kepolisian lantas. Sampai saat ini sy belum menemukan pasal yg memberikan wewenang kepada dishub bisa memberhentikan kendaraan seenaknya jika memang ada silahkan koreksi dan beri tau saya pasal berapa
    2. Jika memang diberhentikan tanpa ada pihak kepolisian (tanpa ada oprasi zebra) tanyakan kepada petugas dishub apakah bapak PPNS? PPNS adalah sertifikasi petugas dishub sebagai penyidik yang berhak mengecek kelengkapan kendaraan.HANYA PETUGAS PPNS DISHUB YANG BISA CEK KELENGKAPAN SURAT DAN KELAYAKAN KENDARAAN. sama halnya kepolisian apakah polisi reskrim bisa menilang kendaraan? Tentu tidak kan.? Begitu juga dengan petugas dishub non PPNS tp knapa mreka bisa menilang? Karena curangnya dishub non PPNS surat tilang biasanya sudah ditandatangani dulu oleh petugas dishub PPNS yang sebenarnya. Coba anda tantang jika memang bukan Dishub penyidik apakah dia berani tamdatangan di surat tilang? Semakin maraknya merajalelanya oknum dishub dishub korupsi dijalanan adalah contoh banyaknya celah sistem undang undang kita dan ditambah mayoritas supir tidak memgerti pasal dan hukum. Disinilah oknum dishub memanfaatkan celahnya. Terutama di kota bekasi saya katakan saya tegaskan BOBROKNYA OKNUM DISHUB BEKASI yang sudah tidak terkontrol/sengaja tidak dikontrol. Apakah ada storan? Yasudahlah hanya mreka yg tau
    Trims jika ada yang salah mohon koreksi

    ReplyDelete
  8. Saya masuk jakarta lewat tol. Pulangnya lewat bekasi. Pake pickupbox plat hitam. Di cegat dishub bekasi pungli berseragam tanya surat sipa dan ibm. Mana tahu saya. Dan mana mungkin saya buat. Baru pertama kali hanya lewat bekasi. Kena 250rb. Uang kerja yg diperoleh bbrp harus dirampas paksa sama pungli berseragam. Mana sikapnya sok jagoan. Sungguh mencoreng dishub.

    ReplyDelete
  9. @Rahmat Kita ga perlu takut sebenernya kpd oknum dishub BEKASI. Setiap hari sy melewati bekasi dan bertemu sama oknum dishub itu itu saja. Asalkan kita komplit membawa surat surat. Kita lawan aja sepintar pintaran nya kita saja. Alhasil kl kita benar Dishub tsbt psti terdiam kata. Dan saya stuju kl ad oknum dishub itu memberentikan kita tanpa ada Ops bersama polisi Pihak Dishub sbnernya tidak BERHAK memberentikan kita.

    @Nur Dawud memang seperti itu Dishub BEKASI banyak Preman jalan nya. Tp kl bapak melengkapi surat-surat bekasi bpk ga perlu memberi duit. Bapak lawan saja mereka. Saya sudah berpengalaman +- 8thn melintasi bekasi. Memang kelakuan DISHUB BEKASI seperti orang miskin malakin supir-supir yg kurang paham untuk perda bekasi.
    Terus terang saya juga geram sma mereka semua.
    Hanya Dishub BEKASI yg kelakuannya sprti ini. Beda dengan daerah lainnya.

    ReplyDelete
  10. Saya hanya lewat aja krn tujuan perjalanan ke jakarta, surat sim, stnk, dan buku kir aktif. Utk sipa dan ibm bekasi buat apa juga. Klo lewat bekasi pilih lewat tol aja. Males ktemu dishub bekasi.

    ReplyDelete
  11. Saya baru saja kena dipalakin dishub bekasi saya kena 500rb.. Saya cuma lewat bekasi perjalanan dari jakarta ke cikarang untuk pasang neon box utk customer saya. STNK dan KIR hidup, hanya saya ditanya Izin Bongkar Muat daerah bekasi saya ngga punya karena memang domisili saya di jakarta dan tidak ada kegiatan di bekasi. Mau ngirit beberapa belas ribu tapi sekalinya lewat bekasi langsung ngga diampunin kena 500rb, padahal untung saya cuma 300rb udh kerjain neon box selama 3 hari tp diambil dishub secepat itu. saya ngga rela. Udh untung saya diambil ditambah diomel2in digalakkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah pak. Sikap Dishub Bekasi.. Bukan nya memperjelaskan bagaimana prosedure nya tetapi langsung di salahkan (aji mumpung) untuk dpt kan uang setoran preman. Padahal bikin surat SiPA itu hanya plat Nomor bekasi baru bs buat SIPA. Tetapi kalo IBM itu harus dibuat setiap kendaraan luar bekasi(stnk jakarta dan lainnya).

      Delete
  12. Saya sangat setuju kalo sipa dan ibm di hapus krn sarat dengan pungli... saya kena razia diahub di perbatesan bekasi dari pkb ujung menteng sehabis perpanjang kir... saat itu saya gak tau kl itu sdh masuk bekasi krn keluar dari pkb ujung menteng putar arah ke jakarta di tutup jadi lewat putaran arah harapan indah... pas lewat jembatan di stop begal dishub.. cara stop di halangi tengah jalan jd terpaksa berhenti.. sy kira msh area jakarta yg biasanya aman kl ada kir krn mobil pick up gak bawa muatan.. mala di tanya ibm dan sipa.. sy ngotot krn mobil jakarta..akhir kena 20rb krn kir sy di pegang begal dishub... mudah2an pemerintah pusat bs lihat kebejatan begal dishub bekasi dan menghapus perda tentang sipa dan ibm

    ReplyDelete
  13. Saya sangat setuju kalo sipa dan ibm di hapus krn sarat dengan pungli... saya kena razia diahub di perbatesan bekasi dari pkb ujung menteng sehabis perpanjang kir... saat itu saya gak tau kl itu sdh masuk bekasi krn keluar dari pkb ujung menteng putar arah ke jakarta di tutup jadi lewat putaran arah harapan indah... pas lewat jembatan di stop begal dishub.. cara stop di halangi tengah jalan jd terpaksa berhenti.. sy kira msh area jakarta yg biasanya aman kl ada kir krn mobil pick up gak bawa muatan.. mala di tanya ibm dan sipa.. sy ngotot krn mobil jakarta..akhir kena 20rb krn kir sy di pegang begal dishub... mudah2an pemerintah pusat bs lihat kebejatan begal dishub bekasi dan menghapus perda tentang sipa dan ibm

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Untuk perpanjang KIR apa benar 1 bulan sblumnya kita ambil kartu antrian???
    Masa habis KIR mobil box saya bulan depan kemarin tgl 4 april saya udh ambil kartu antrian nya terus saya dpet tgl perpanjang KIR tgl 26 nnti..
    Kalau nnti tnggal 26 saya belum perpnjang lalu saya perpanjang dibulan depan bisa tdk yahh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bu Prosedurnya sperti itu.. Sebelum Expired kir nya kita hrs daftar antrian terlebih dahulu. Stelah dpt Nomer booking dr Tempat uji kir, ibu dtg kembali pada hari dan jam tersebut yg sudah di tentukan.

      Delete
  16. Kalau saya datang nya pas dibulan dpan apa bsa???
    Soalnya supir saya trllu cepat ambil kartu antrian nya..sedngakan habis itu bulan dpan kalau saya ambil kartu lgi apa bisa??

    ReplyDelete
  17. kalau telat pembayaran KIR kira2 berapa yah??

    trims

    ReplyDelete
  18. Klo telat kuer biayanya 2℅ x retribusinya (87 ribu), di brapa bulan bulan telatnya, utk contoh; saya telat 10 bulan total biaya jdi 87ribu + 17400 = sekitar 105 kurang, utk kir skrng hrs booking dan 2 miggu baru di panggil lagi

    ReplyDelete
  19. Klo telat kuer biayanya 2℅ x retribusinya (87 ribu), di brapa bulan bulan telatnya, utk contoh; saya telat 10 bulan total biaya jdi 87ribu + 17400 = sekitar 105 kurang, utk kir skrng hrs booking dan 2 miggu baru di panggil lagi

    ReplyDelete
  20. Kok gak ada yg berani laporin oknum2 dishub ini ke kpk, or diberitakan ke mata najwa kek,..biar pada malu

    ReplyDelete
  21. Klw mau perpanjang kir langsung dateng daftar bisa gak yaa

    ReplyDelete
  22. Klo kir telat 7 bulan denda y brapa ya

    ReplyDelete

Supplier Perlengkapan Beladiri Nasional

Supplier Perlengkapan Beladiri Nasional
Taekwondo, Karate, Silat, MuayThai, Wingchun